title: PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING-KOOPERATIF creator: Merta Dhewa Kusuma, 0913022052 subject: description: ABSTRAK Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang memiliki rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap fisika sehingga sikap ilmiah siswa rendah, dan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika dan kemandirian belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian untuk melihat sikap ilmiah yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar fisika dan kemandirian belajar siswa yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif; (2) pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif. Strategi Scaffolding-kooperatif merupakan strategi berbantuan oleh guru kepada siswa secara berkelompok dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan teman sekelompok dan dapat mendorong sikap ilmiah siswa lebih tinggi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Tunas Harapan Bandarlampung pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 Merta Dhewa Kusuma yang berjumlah 20 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Pertimbangannya adalah karena hanya ada satu kelas XI IPA di SMA Tunas Harapan Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) ada pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif; (2) ada pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif. Persentase rata-rata sikap ilmiah siswa adalah sebesar 67% dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 66 dengan kategori tinggi. Untuk kemandirian belajar, persentase rata-rata kemandirian belajar siswa adalah sebesar 66% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, sikap ilmiah siswa yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar dan kemandirian belajar siswa yang tinggi pula. Kata kunci: sikap ilmiah, hasil belajar, kemandirian belajar, strategi Scaffolding-kooperatif. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-04-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/1/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/2/1.%20Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/4/5.%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/5/3.%20Surat%20Pernyataan...pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/6/6.%20Riwayat%20hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/7/8.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/8/7.%20Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/9/9.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/10/Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/13/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/14/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/15/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/16/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/17/BAB%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5627/18/Dapus.pdf identifier: Merta Dhewa Kusuma, 0913022052 (2013) PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING-KOOPERATIF. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/5627/