@misc{eprints56337, title = {ANALISIS PENGEMBANGAN CIVIC SKILLS PESERTA DIDIK OLEH GURU PPKn Di MTs AL ? IKHLAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 }, author = {1513032072 Cahaya Erizha Saputri }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/56337/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PPKn dalam pengembangan civic skills peserta didik di MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan atau subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan civic skills peserta didik oleh guru PPKn di MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan dilakukan dengan upaya berdasarkan kompetensi-kompetensi guru yang dimilikinya. Kemampuan hard skills mencakup kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru, sedangkan kemampuan soft skills mencakup kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru. Kompetensi guru di MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang sudah memadai dalam mengajar dan menanamkan nilai ? nilai religius untuk pengembangan civic skills. Keadaan sarana dan prasarana juga mendukung Guru PPKn dalam mengembangkan civic skills peserta didik, maka pengembangan civic skills peserta didik yang sesuai dengan pencapaian pembelajaran melalui pendidikan kewarganegaraan. Kata kunci : Guru PPKn, Kompetensi Guru, Pengembangan, Civic Skills The purpose of the research is to know the efforts of Civic Education teacher in the development of students civic skills at MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan. This research used qualitative descriptive methods. The determination of the informant or the subject in this research used a purposive sampling technique, with researchers as a research instrument. The results showed that in developing students civic skills, Civic Education teachers at MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan made efforts based on teachers competencies. Hard skill includes professional competence and pedagogic competence of teachers, while soft skill includes personality competence and social competence of teachers. The competency of teachers at MTs Al ? Ikhlas Tanjung Bintang has been adequate in teaching and cultivating religious values for the development of civic skills. Facilities and infrastructure also support Civic Education teachers in developing students civic skills. Then the development of students civic skills that fit the achievement of learning through Civic Education. Keywords: Civic Education teacher, teacher competence, development, civic skills } }