%A 1415011192 M. VAREZA PRATAMA %T ANALISIS PENGARUH SIMPANG TAK BERSINYAL YANG BERDEKATAN PADA JALAN WOLTER MONGINSIDI ? JALAN RADEN SALEH DAN JALAN WOLTER MONGINSIDI ? JALAN M. HUSNI THAMRIN (STUDI KASUS) %X Hambatan Hambatan kelancaran lalulintas jaringan jalan perkotaan memiliki dampak pada kesejahteraan umum masyarakat. Pengaturan lalu lintas berguna untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas dengan memberikan petunjuk yang jelas dan mudah dimengerti. Petunjuk dalam pengaturan lalu lintas adalah lampu lalulintas, marka dan rambu-rambu untuk mengarahkan dan memperingati pengguna lalu lintas. Besarnya arus lalu lintas di daerah persimpangan pada jam sibuk (sore) mengakibatkan kemacetan panjang dan meningkatkan kejenuhan pada pengguna lalu lintas. Sehingga diperlukan analisis lalulintas antara persimpangan untuk mengetahui kinerja persimpangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia untuk mengevaluasi dan menganalisis kinerja persimpangan. Lokasi penelitian ini adalah persimpangan Jl. Wolter Monginsidi ? Jl. M. Husni Thamrin dan Jl. Wolter Monginsidi ? Jl. Raden Saleh, Bandar Lampung karena persimpangan tersebut menunjukan kemacetan dan potensi/resiko penurunan tingkat layanan jalan. Hasil yang didapatkan pada persimpangan Jl. WolterMonginsidi ? Jl. M. Husni Thamrin memiliki nilai kapasitas (C) 2363 smp/jam dan perilaku lalu lintas derajat kejenuhan (DS) 0,8834, tundaan simpang (D) 15,08 det/smp dan peluang antrian (QP) 31,23-53,10% dan persimpangan Jl. Wolter Monginsidi ? Jl. Raden Saleh memiliki C = 2484 smp/jam, DS = 0,8151, D = 13,55 det/smp dan QP = 26,76-53,10%. Tinggat pelayanan di persimpangan Jl. Wolter Monginsidi ? Jl. M. Husni Thamrindan Jl. Wolter Monginsidi ? Jl. Raden Saleh pada hari ? hari sibuk dikategorikan pada tingkat E. Kata kunci : volume kendaraan, kecepatan rata rata, dan waktu paling sibuk Trafic obstacles of urban road network have an impact on the general welfare of the community. Traffic management is useful for maintaining continuity flow of traffic by providing clear and easy instructionsto understand. Intructions in traffic management are traffic lights, markers and signs to direct and commemorate traffic users. The large flow of traffic in the junction area during rush hour (morning and evening) results in long traffic jams and increases overfullness in traffic users. Traffic analysis between intersections is needed to find out the intersection performance. This study uses Manual KapasitasJalan Indonesia method to evaluate and analyze the intersection performance. The location of this research is the intersection of Jl. WolterMonginsidi - Jl. M. Husni Thamrin and Jl. Wolter Monginsidi - Jl. Raden Saleh, Bandar Lampung because the intersection shows congestion and the potential / risk of decreasing road service levels. The results obtained at the intersection of Jl. WolterMonginsidi - Jl. M. HusniThamrin has a capacity value (C) of 2363 pcu / hour and traffic behavior of degree of saturation (DS) of 0.8834, intersection delay (D) of 15.08 sec / pcu and queuing opportunity (QP) 31.23-53, 10% and Jl. Wolter Monginsidi - Jl. Raden Saleh has C = 2484 pcu / hour, DS = 0.8151, D = 13.55 sec / pcu and QP = 26.76-53.10%. The height of service at the intersection of Jl. WolterMonginsidi - Jl. M. HusniThamrin and Jl. Wolter Monginsidi - Jl. Raden Saleh on busy days is categorized at level E. Keywords: vehicle volume, average speed, and busiest time %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints56391