%A 1513041053 Eka Listianingsih %T TINDAK TUTUR MENOLAK DALAM GELAR WICARA HITAM PUTIH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Hitam Putih dan bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur menolak langsung dan tindak tutur menolak tidak langsung dalam Gelar Wicara Hitam Putih dan mengimplikasikannya tindak tutur menolak terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi non partisipasi dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Hitam Putih terdiri atas dua jenis yaitu, tindak tutur menolak langsung dan tindak tutur menolak tidak langsung. Tindak tutur menolak tidak langsung ditemukan sebanyak tujuh jenis yaitu tindak tutur menolak tidak langsung dengan harapan; tindak tutur menolak tidak langsung dengan penyesalan, alasan dan penjelasan; tindak tutur menolak tidak langsung dengan pernyataan alternatif; tindak tutur menolak tidak langsung dengan pernyataan prinsip; tindak tutur menolak tidak langsung dengan usaha untuk menghalangi; tindak tutur menolak tidak langsung dengan penerimaan yang berfungsi sebagai penolakan; tindak tutur menolak tidak langsung dengan penghindaran. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X pada KD 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. Tindak tutur menolak dapat diajarkan kepada siswa untuk membangun konsep siswa dalam mengembangkan isi argumentasi atau pendapat penulis yang bersifat satu sisi mendukung atau menolak terhadap fakta dan sumber yang telah diperoleh oleh siswa. Kata Kunci : Gelar Wicara Hitam Putih, Tindak Tutur Menolak %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints56409