@misc{eprints56414, title = {NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA }, author = {1513041062 Fenny Novika Sari }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/56414/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini ialah nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis. Data dalam penelitian ialah nilai-nilai religius yang terkandung dalam cerpen tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis mengandung nilai-nilai religius. Nilai religius yang terkandung dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi tauhid, fikih, dan akhlak. Tauhid terdiri atas iman kepada Allah, takwa kepada-Nya, dan tobat. Fikih terdiri atas halal, haram, makruh, mubah, dan sunah. Akhlak meliputi akhlak baik dan akhlak buruk. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada KD. 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dan dan 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek. Pembelajaran menganalisis teks cerpen baik lisan maupun tulisan yang dibelajarkan kepada siswa SMA kelas XII semester genap yang dikaitkan dengan hasil penelitian tentang nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis dapat dijadikan alternatif pelengkap materi ajar guru dalam menyampaikan materi cerpen. Nilai religius yang ditemukan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Penguatan pendidikan karakter bertujuan untuk mengembangkan karakter mulia dari peserta didik dengan mempraktikkan dan mengajarkan nilainilai religius serta pengambilan keputusan yang beradab dalam hubungannya dengan sesama manusia maupun hubungan dengan Tuhan. Kata kunci : Nilai religius, kumpulan cerpen Robohnya Surau Kamis, implikasi} }