creators_name: Lenny Rahmawati, 1513041029 creators_id: - type: other datestamp: 2022-03-26 12:37:33 lastmod: 2022-03-26 12:37:33 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN VIDEO SLIDE SHOW KELAS XI TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: 370 subjects: 400 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran teks cerpen dengan Video Slide show untuk siswa kelas XI SMK dan mengetahui kelayakan nya sebagai media pembelajaran di sekolah. Media dalam penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara klasikal maupun mandiri dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Brog dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas uji validitas ahli dan revisi produk. Kelima langkah tersebut adalah (1) analisis kebutuhan; (2) desain produk;(3) produksi; (4) pemantapan; dan (5) uji validitas dan revisi. Pengambilan data dilakukan dengan validitas ahli materi, ahli media dan guru bahasa indonesia Lenny Rahmawati tingkat SMA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi doc, dan mp4 yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Validitas ahli materi terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi diperoleh skor rata-rata 3,00, dan rerata presentase 71,36%, dengan kategori layak. Hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan, pemrograman, dan peran media diperoleh skor rata-rata 3,21, dan retata presentase 80,25 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi guru bahasa Indonesia terhadap aspek pembelajaran, isi, tampilan, pemrograman, dan peran media diperoleh skor rata-rata 3,77, dan rerata presentase 94,34% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, teks cerita pendek, siswa SMK date: 2019-10-21 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Lenny Rahmawati, 1513041029 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN VIDEO SLIDE SHOW KELAS XI TAHUN AJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/56453/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/56453/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/56453/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf