%A 1313041073 Reza Putri Ristanti %T VARIASI BAHASA DI ACARA TALKSHOW HITAM PUTIH DALAM EPISODE ANAK PETANI JADI TNI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Masalah dalam penelitian ini ialah variasi bahasa di acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan variasi bahasa dalam acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI dan untuk mengetahui implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah video talkshow Hitam Putih unduhan dari www.youtube.com. Data dalam penelitian ini ialah percakapan yang mengandung variasi bahasa antara pembawa acara dan bintang tamu dalam acara talkshow Hitam Putih. Hasil penelitian ini ditemukan dua jenis variasi bahasa yang terdapat dalam acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI, yaitu (1) variasi bahasa dari segi sarana yaitu ragam lisan, dan (2) variasi bahasa dari segi keformalan, antara lain (a) ragam resmi, (b) ragam santai. Hasil penelitian ini diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA untuk melatih keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan konteks, serta sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum 2013 SMA. Kompetensi inti yang digunakan adalah KI-1 yaitu, menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya dan KI-2 yaitu, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. Selanjutnya, pada Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah dan Kompetensi Dasar 4.6 Mengontruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat. Kata Kunci: variasi bahasa, talkshow, implikasi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints56507