title: DESKRIPSI LATAR DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS creator: Riska Wulandari, 1413041061 subject: 370 Pendidikan subject: 400 Bahasa description: Penelitian ini membahas bagaimana deskripsi latar dalam novel Hujan karya Tere Liye dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini untuk memerikan deskripsi latar tempat, waktu, dan sosial dalam novel Hujan karya Tere Liye dan merancang pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dan menjadikan novel Hujan karya Tere Liye sebagai sumber data, serta menggunakan teknik analisis teks dalam mengolah datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi latar dalam novel Hujan karya Tere Liye menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan realistis, impresionistis, dan menurut sikap penulis, serta menggunakan diksi dan kiasan untuk mendeskripsikan latar tempat, waktu, dan sosial. Diksi yang digunakan adalah denotasi dan konotasi, eufemisme, genetik dan spesifik, serta kiasan berupa simile dan personifikasi. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyususn rancangan pembelajarannya untuk siswa kelas XII semester genap (II) dengan kompetensi dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Tujuan pada pembelajaran tersebut adalah setelah siswa membaca deskripsi latar dengan tiga pendekatannya, siswa mampu menganalisis deskripsi latar dengan benar. Kata kunci : deskripsi latar, novel, rancangan pembelajaran publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan date: 2019-01-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/56510/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/56510/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/56510/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Riska Wulandari, 1413041061 (2019) DESKRIPSI LATAR DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/56510/