%0 Generic %A KADEK CHRESNA KHARISMA, 1415061023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:56599 %I Fakultas Teknik %T RANCANG BANGUN APLIKASI M-COMMERCE PARIWISATA DENGAN INTEGRASI PORTAL E-COMMERCE %U http://digilib.unila.ac.id/56599/ %X Pariwisata Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara 20 juta orang pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, setiap provinsi diharapkan meningkatkan performa potensi pariwisatanya. Provinsi Lampung merupakan salah satu penyumbang wisatawan domestik dan mancanegara dalam tiga tahun terakhir tetapi pengembangan Pariwisata Provinsi Lampung belum maksimal. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Smartphone, dapat dilakukan optimalisasi pengembangan pariwisata melalui promosi pariwisata Lampung kepada masyarakat luas dan dunia. Penelitian ini membangun aplikasi mobile m-Commerce pariwisata dengan integrasi portal e-Commerce menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile yang menjadi sarana promosi tempat wisata di Provinsi Lampung yang memungkinkan wisatawan dapat langsung mengetahui informasi secara detail tempat wisata beserta souvenir dan chat dengan pengelola tempat wisata. Integrasi portal e-Commerce yang diterapkan diaplikasi dilakukan dengan cara parsing dari website e-Commerce yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Aplikasi mobile m-Commerce Pariwisata dengan Integrasi Portal e-Commerce telah berhasil dibangun sesuai dengan rencana pembangunan aplikasi berdasarkan pengujian fitur menggunakan Black Box dan aplikasi dapat diterima oleh pengguna berdasarkan hasil User Acceptance Test dengan responden berjumlah 73 orang yang menyatakan nilai baik sebanyak 67%, tidak baik sebanyak 6%, dan sangat baik sebanyak 27%. Kata kunci: Pariwisata, Provinsi Lampung, Smartphone, chat, souvenir. Indonesian tourism targets 20 million foreign tourist arrivals in 2019. To achieve these targets, each province is expected to improve its tourism potential. Lampung Province is one of the contributors of domestic and foreign tourists in the last three years but the development of Lampung Province Tourism has not been maximized. Technological advancement enables optimization of Lampung's tourism through promotion of tourism to the wider community and the world. This research built m-Commerce Tourism mobile application with e-Commerce Portal Integration using Rapid Application Development method. The results of this research are mobile applications that become a solution for promotion of tourist attractions in Lampung Province that allows tourists to get detailed information on tourist attractions along with souvenirs from the tourist attraction and tourists can chat with the management of tourist attractions. Portal eCommerce Integration applied in the application is done by parsing from eCommerce websites that is Bukalapak and Tokopedia. M-Commerce Tourism mobile application with e-Commerce Portal Integration has been successfully built according to the application development plan based on testing features using the Black Box and accepted by users based on the results of the User Acceptance Test with 73 respondents who stated good value of 67%, not good at 6%, and very good at 27%. Keywords: Tourism, Lampung Province, Smartphone, chat, souvenir.