<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG"^^ . "Kemacetan terjadi karena tingkat pelayanan prasarana jalan lebih kecil dari \r\nkebutuhan pergerakan lalu lintas yang ada. Dan jalan yang berpotensi macet adalah \r\nJalan ZA Pagar Alam. Sehingga pemerintah telah membuat sebuah solusi untuk \r\nmengurangi kemacetan yang terjadi, yaitu jalan lintas bawah (underpass) di jalan ZA \r\nPagar Alam. Selanjutnya mengingat kebutuhan pembangunan underpass itu \r\nbertujuan untuk mengurangi kemacetan yang ada. Maka dari itu penulis mengambil \r\ntopik penelitian yaitu menganalisa kinerja arus lalu lintas setelah adanya underpass \r\ndan membandingkan arus lalu lintas sebelum adanya underpass. Pada analisa kinerja \r\nruas jalan ini digunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung. Adapun data yang \r\ndiambil adalah volume lalu lintas. Derajat kejenuhan untuk arah Natar – Tanjung \r\nKarang pada tahun 2013 ke tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 45,59%, dan \r\npada tahun 2016 ke tahun 2019 meningkat sebesar 19,68% sedangkan untuk arah \r\nTanjung Karang – Natar pada tahun 2013 ke tahun 2016 mengalami penurunan \r\nsebesar 34,5%, dan pada tahun 2016 ke tahun 2019 mengalami penurunan sebesar \r\n6,87%, tetapi penurunan dari perbandingan penelitian pada tahun 2016 ke tahun 2019 \r\ntidak signifikan. Dari hasil penelitian kecepatan belum sesuai dengan standar RSNI \r\nT-14 2004 yaitu standar kecepatan jalan perkotaan. Sehingga dapat disimpulkan dari \r\nperbandingan penelitian sebelum dan setelah adanya underpass, pembangunan \r\nunderpass di ruas jalan ZA Pagar Alam tidak efektif untuk mengurangi kemacetan \r\nyang terjadi.\r\nKata kunci: Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Underpass\r\n\r\n\r\nJammed occurs due to the road infrastructure services level which is smaller than\r\ntraffic movement needs that available. And the road which potentially to congest is ZA \r\nPagar Alam street. So the government had made a solution to decrease the traffic jam \r\nby built an underpass on ZA Pagar Alam street. Furthermore, considering the need for \r\nunderpass construction aims to reduce jam that occurs, so the writer bring out a \r\nresearch topic that is analyzing traffic flow after the underpass was built and \r\ncomparing with the traffic flow before the underpass was built. The analysis of this \r\nroad section performance using the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines \r\nmethod.\r\nData collection is done by a direct survey. The data which has been taken is traffic \r\nvolume. Degree of saturation for directions Natar – Tanjung Karang in 2013 to 2016 \r\nhas decreased by 45,59%, and in 2016 to 2019 increased by 19,68%, meanwhile for \r\ndirections Tanjung Karang – Natar in 2013 to 2016 has decreased by 34,5%, and in \r\n2016 to 2019 decreased by 6,87%, but the decreation from research comparison in \r\n2016 to 2019 was not significant. From the speed data research, the results are not \r\nappropriate to RSNI T-14 2004 standard that is the speed standard for urban roads. \r\nSo, it can be concluded from the comparison research of before and after the \r\nunderpass was built, the construction of underpass on the section of ZA Pagar Alam\r\nstreet is not effective to decrease traffic jam that occurs.\r\nKeywords: Road Section, Degree of Saturation, Underpass"^^ . "2019-11-29" . . . . . "Fakultas Teknik"^^ . . . . . . . "1415011106"^^ . "MUTIA SEPTRIANDINI"^^ . "1415011106 MUTIA SEPTRIANDINI"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \r\nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #56718 \n\nEVALUASI KINERJA LALU LINTAS RUAS JALAN Z.A. PAGAR ALAM \nSETELAH ADANYA JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KOTA \nBANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "600 Teknologi (ilmu terapan)" . .