%A 1513031003 Ajitama syachputra %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), MEDIA PEMBELAJARAN, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NATAR, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), media pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode eksperiman dan assosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar, Lampung Selatan dengan jumlah sebanyak 156 siswa dan sampel sebanyak 114 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan regresi liniear dan path analysis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil belajar ips terpadu dipengaruhi oleh model pembelajaran tipe kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), media pembelajaran dan disiplin belajar sebesar 85% dan sisanya 15% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran tipe Kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), media pembelajaran disiplin belajar dan hasil belajar IPS Terpadu %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints56845