%A 1513031007 Darmila Franika %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN (GADGET), SUASANA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IIS MAN 1 TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %X Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di MAN 1 Tanggamus diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pendidikan (gadget), suasana belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi melalui minat siswa kelas XI IIS MAN 1 Tanggamus Tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatanex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS MAN 1 Tanggamus dan sampel berjumlah 93 siswa yang diperoleh menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner teknik analisis dengan menggunakan regresi linier dan path analysis. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IIS MAN 1 Tanggamus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pendidikan (gadget), suasana belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar siswa kelas XI IIS MAN I Tanggamus tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 25,752 > 2,48 dan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Penggunaan media pendidikan (gadget), Suasana belajar, iklim sekolah, hasil belajar, dan minat belajar. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints56917