%0 Generic %A Ana annisa Fitri, 1343031002 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:56922 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG T.P 2018/2019 %U http://digilib.unila.ac.id/56922/ %X Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru akan berpengaruh terhadap cara belajar siswa yang mana antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya mempunyai cara belajar yang berbeda. Saat ini para pendidik terus-menerus berusaha menyusun dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang variatif agar siswa tertarik dan bersemangat pada saat pembelajaran ekonomi, salah satunya adalah Reciprocal Learning dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Reciprocal Learning lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Kata Kunci: Model pembelajaran, Reciprocal Learning, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), motivasi belajar. The learning method used by the teacher will influence the way students learn which one student with another student has a different way of learning. Currently educators are constantly trying to compile and apply various varied learning models so that students are interested and enthusiastic during economic learning, one of which is Reciprocal Learning and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). The research method used in this study is comparative research with an experimental approach. The experimental research design used in this study was a factorial design. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it was concluded that there were significant differences in the average economic learning outcomes of students learning using the Reciprocal Learning learning model compared to those using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. The average economic learning outcomes for students taught using Reciprocal Learning learning models are higher than those taught with Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning in students who have high learning motivation. The average economic learning outcomes for students taught using Reciprocal Learning are higher than those taught with Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning for students who have low learning motivation. There is an influence of interaction between the learning model and students' learning motivation towards economic learning outcomes. Keywords: Learning model, Reciprocal Learning, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), learning motivation.