%0 Generic %A Novie Setyowati, 1513031027 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57230 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %U http://digilib.unila.ac.id/57230/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan sosial siswa menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan group investigation dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jati Agung. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jati Agung yang berjumlah 160 orang dan sampel 64 responden yang ditentukan dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan Anova Dua Jalan dan T-test Dua Sampel Independen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri Jati Agung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah desain faktorial. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray dan group investigation dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa. Kata kunci: group investigation, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan sosial, two stay two stray