<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah"^^ . "Abstrak\r\nPolusi udara dan kelangkaan bahan bakar kendaraan bermotor merupakan permasalahan\r\nyang cukup penting yang dihadapi oleh dunia khususnya Indonesia. Untuk mereduksi emisi gas\r\nbuang dan menurunkan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor dapat memanfaatkan campuran\r\nzeolit dan arang sekam padi yang berbentuk pelet sebagai adsorben yang diletakkan pada saluran\r\nemisi gas buang. Lampung memiliki potensi zeolit dan sekam padi yang cukup besar. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk memanfaatkan campuran sekam padi dan zeolit untuk melihat prestasi mesin yang\r\nterjadi terhadap akselerasi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang motor bensin 4-Langkah. Sebelumnya sekam padi diarangkan pada temperatur 240\r\noC selama 2 jam lalu sekam padi\r\ndan zeolit diayak dengan ukuran 100 mesh yang dibuat menjadi adsorben dengan komposisi A dan\r\nB kemudian diaktivasi pada temperatur oven sebesar 150oC, 200oC dan 250oC selama 1 jam. Adsorben dibentuk seperti pipa panjang berukuran 15cm dan kemudian diaplikasikan pada saluran\r\ngas buang. Pengujian yang dilakukan yaitu uji akselerasi 0-60km, uji konsumsi bahan bakar\r\nstasioner 1500 rpm, 3000 rpm dan 4500 rpm. U\r\nji konsumsi bahan bakar berjalan dengan kecepatan rata-rata 40km/jam dan uji emisi gas buang\r\ndengan putaran mesin sebesar 3500 rpm. Hasil dari penelitian ini didapatkan adsorben terbaik yaitu A200 dengan proses uji\r\nakselerasi mendapatkan penurunan akselerasi mesin sebesar 9%. Untuk proses uji konsumsi bahan\r\nbakar berjalan mendapatkan nilai sebesar 100ml dengan jarak tempuh 4km. Untuk proses uji\r\nkonsumsi bahan bakar stasioner pada putaran 1500 rpm sebesar 10 ml, pada putaran 3000 rpm\r\nsebesar 29 ml dan pada putaran 4500 rpm sebesar 48,3 ml. Untuk proses pengujian emisi gas\r\nbuang mereduksi kadar CO sebesar 19%, mereduksi kadar HC sebesar 3% dan mereduksi kadar\r\nCO2 sebesar 16%. Proses aktivasi terbaik yang mampu meningkatkan prestasi mesin adalah\r\ntemperatur 200oC dan komposisi campuran terbaik yaitu pada komposisi adsorben zeolit 50% serta\r\narang sekam padi 50%.\r\nKataKunci: : Emisi Gas Buang, Zeolit, Arang Sekam Padi, Prestasi Mesin, Adsorben.\r\n"^^ . "2019" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK"^^ . . . . . . . "1415021052"^^ . "JUMALIYA"^^ . "1415021052 JUMALIYA"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (File PDF)"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik\r\nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor\r\n\r\nBensin 4-Langkah (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #57241 \n\nPemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik \nPada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor \n \nBensin 4-Langkah\n\n" . "text/html" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .