title: PENGARUH POTENSI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 creator: Ratna Setiawati, 1513031012 subject: 330 Ekonomi subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 yang melibatkan 217 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa. Tehnik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simpel random sampling. Tehnik analisis menggunakan regresi linier dan path analysis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto and survey. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar sebesar 56,7%. Kata kunci: potensi diri, disiplin belajar, sosial ekonomi orang tua, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dan prestasi belajar. This study aimed to determine the effect of self-potency, learning discipline, and parents socio-economy toward the interest in continuing the study in the universities through learning achievement. The population in this study involve 217 students of class XII of SMAN 1 Seputih Mataram with the sample of 140 students. The sampling technique is probability sampling: simple random sampling. The analysis technique used linier regression and path analysis. The research method used in this research is descriptive method verification with ex post facto approach and survey. The result of the analysis showed that there is an effect of self-potency, learning discipline, and parents socio-economy toward the interest in continuing the study in the universities through learning achievement by 56.7%. Keywoards: self-potency, learning discipline, parents socio-economy, learning achievement, the interest in continuing the study in the universities. publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan date: 2019-03-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57292/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57292/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57292/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Ratna Setiawati, 1513031012 (2019) PENGARUH POTENSI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57292/