@misc{eprints573, month = {September}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 2 TANJUNG SARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {Agustriati }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/573/}, abstract = {Berdasarkan pengamatan awal, aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Tanjung Sari khususnya mata pelajaran matematika pasif. Berdasarkan hasil belajar siswa, diketahui bahwa nilai siswa yang tidak mencapai KKM 62 berjumlah 35.7\%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data dalam E-TA ini digunakan dengan instrument berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning teknik two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar dari siklus pertama 64.3\% siswa tidak aktif menjadi berkurang dan tinggal 10.7 \% pada siklus kedua. Dan hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, semua siswa memperoleh hasil belajar mencapai KKM. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray} }