%0 Generic %A RIANA, 1513031044 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57309 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT), DAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KARYA PENGGAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %U http://digilib.unila.ac.id/57309/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), TGT (Teams Games Tournament) dan Picture and Picture pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Karya Penggawa Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX berjumlah 94 siswa dan sampel berjumlah 71 siswa dengan dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan analisis varian satu jalan dan uji lanjut tukey-test dan bonferroni. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions, Teams Games Tournament, dan Picture and Picture. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS Terpadu, Student Teams Achievement Divisions, Teams Games Tournament, dan Picture and Picture. The study aims to find out the comparison between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model at the ninth grade of SMPN 1 Karya Penggawa academic year of 2018/2019. The population in this research is all of the ninth grade students which consist of 94 students and the sample is 71 students by using cluster random sampling. The technique analysis was done by using one way anova, tukey test and bonferroni. The research method used in this research is quasi experiment method with comparative approach. The result showed that there is differences between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model. Keywords : Social Students’, Learning Result, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Teams Games Tournament (TGT), Picture and Picture (PaP)