%A 1513031082 Rita Lestari %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %X Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Bandar Lampung dengan populasi berjumlah 340 siswa dengan sampel sebanyak 63 siswa (2 kelas) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Dua Jalan dan t ? Test Dua Sampel Independen. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel atau 7,594 > 4,00 berarti ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu yang pembelajarannya mengunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Think Pair and Share dan Fhitung > Ftabel atau 38,855 > 4,00 berarti terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Kata Kunci: hasil belajar, kemampuan awal, sfae, tps. The purpose of this research was to find out the difference of IPS study result, interaction in SFAE learning model and TPS by seeing the initial ability. The Research method was quasi experiment by appraoching comparatively. This research was done in SMPN 10 Bandar Lampung with the population 340 students and 63 students as samples which were determined through cluster random sampling. Data analysis technique using t-Test formula and ANOVA manually and SPSS. The result of the analysis showed F count > F table or 7.594 > 4.00 which means there is difference study result through SFAE learning model and TPS and F count > F table or 38,855 > 4,00 which means there is a learning model interaction with initial ability Keywords: study result, initial ability, sfae, tps. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints57325