%A 1513031071 Rizaldi Noverrisman %T PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN IBU DIAH BANDAR LAMPUNG %X Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 350 pelanggan dan sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear dan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh marketing mix (product, price, place, promotion) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan sebesar 91,7% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya sebesar 8,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints57327