TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57411 UR - http://digilib.unila.ac.id/57411/ A1 - Ainun Masyrifah, 1513033017 Y1 - 2019/07/08/ N2 - Perubahan pola pendidikan yang begitu cepat dan silih berganti serta globalisasi di segala bidang termasuk bidang pendidikan, memunculkan persaingan yang ketat . Lembaga formal harus selalu siap dengan perubahan yang dilakukan pemerintah di bidang pendidikan. Pembelajaran yang lebih kompleks berkaitan dengan mutu pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa , sehingga dengan adanya mutu pembelajaran yang diberikan oleh guru diharapkan mampu memberikan output yang baik dan memuaskan siswa (pelanggan). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hubungan antara mutu pembelajaran dengan kepuasan siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS SMA Trisukses Natar tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitiannya adalah mengetahui hubungan antara mutu pembelajaran dengan kepuasan siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS SMA Trisukses tahun ajaran 2018/2019. Metode pada penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif . Hasil data dari penelitian Mutu pembelajaran di SMA Trisukses Natar berdasarkan hasil penghitungannya menggunakan rumus presentase dengan hasil presentase tertinggi siswa yaitu 47 % (baik) sedangkan untuk outputnya atau kepuasan siswanya dengan presentase tertinggi yaitu 41 % dengan kategori (puas) . Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya SMA Trisukses Natar memiliki mutu pembelajaran yang baik sehingga berakibat kepada output atau kepuasan siswanya, maka dari itu apabila mutu pembelajarannya baik maka kepuasan siswanya juga baik begitu sebaliknya , maka benar terdapat hubungan yang positif antara mutu pembelajaran dengan kepuasan siswa dengan tingkat hubungan yaitu sangat kuat dan dengan nilai 0,892. Kata kunci : Hubungan , Kepuasan Siswa , Mutu Pembelajaran. PB - Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan TI - HUBUNGAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN KEPUASAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS SMA TRISUKSES NATAR TAHUN AJARAN AV - restricted ER -