TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5748 UR - http://digilib.unila.ac.id/5748/ A1 - ALEX CHANDRA, 0643022005 Y1 - 2013/04/11/ N2 - ABSTRAK Persepsi siswa adalah sudut pandang siswa terhadap suatu objek. Objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran. Sedangkan media pembelajaran merupakan sarana penting dalam suatu pembelajaran. Penggunaan media saat ini telah berkembang dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melahirkan media berbasis komputer, sehingga perlu dikembangkan media animasi simulasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Persada Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas X.1 dengan jumlah sampel 35 siswa dari populasi kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai media animasi simulasi fisika terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini data persepsi siswa mengenai media animasi simulasi fisika digunakan angket siswa yang telah diisi oleh siswa dan telah dihitung nilai akhirnya. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes berupa soal pilihan jamak yang telah direkap nilainya. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji normalitas, linearitas, korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis uji hipotesis terdapat pengaruh yang sangat kuat tentang persepsi siswa mengenai media animasi simulasi fisika terhadap hasil belajar dengan nilai r adalah 0,996 dengan arah positif dan persamaan regresinya adalah Y = 7,858 + 0,939X pada materi gerak di kelas X.1 di SMA Persada Bandar Lampung. Kata kunci : Persepsi siswa, Media Animasi Simulasi, dan Hasil Belajar PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA ANIMASI SIMULASI FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR AV - restricted ER -