%A 1413024017 BAYU PRIYATMA %T ANALISIS KENDALA ? KENDALA PENDIDIK IPA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP SWASTA BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pendidik IPA di SMP Swasta Bandar Lampung dalam pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pendidik IPA di sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Data penelitian berupa data kendala pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu yang diperoleh dari angket tertutup dan semi terbuka tanggapan pendidik yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif serta informasi yang diperoleh dari wawancara. Data hasil dari angket tertutup menunjukkan kendala yang dialami oleh pendidik tergolong dalam kriteria kendala rendah dengan persentase sebesar 80% sedangkan data dari angket semi terbuka tanggapan guru tergolong cukup terkendala dengan persentase sebesar 36%. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di Kotamadya Bandar Lampung dari tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, tergolong dalam kriteria kendala rendah. Kendala yang utama dalam aspek perencanaan adalah penyusunan RPP, kendala utama dalam aspek pelaksanaan pembelajaran pada indikator kegiatan inti dalam menerapkan pendekatan saintifik dan berbagai metode pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA Terpadu dan aspek penilaian pembelajaran yaitu pada penilaian proses dalam menyusun instrumen penilaian dan latar belakang pendidikan yang bukan berasal dari program studi IPA masih perlu penyesuaian dalam pembelajaran IPA Terpadu. Kata kunci : kendala , pembelajaran IPA Terpadu, pendidik IPA. %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1413024017 %I FKIP %L eprints57486