<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind\r\nmapping pada penguasaan konsep peserta didik, pengaruh gaya belajar peserta\r\ndidik terhadap penguasaan konsep peserta didik, interaksi antara penggunaan\r\nmetode mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep peserta didik, dan interaksi antara penggunaan metode mind mapping dan gaya belajar terhadap\r\nketerampilan representasi peserta didik.\r\n\r\nPopulasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di salah satu MTs\r\nNegeri di Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 317 peserta didik. Sampel\r\npenelitian adalah kelas VIII B, VIII A, dan VIII D yang dipilih dari populasi\r\ndengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi\r\nexperiment dengan rancangan penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control\r\nGroup Design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data penguasaan\r\n\r\niii\r\n\r\nkonsep dan keterampilan representasi peserta didik yang diperoleh dari pretes dan\r\npostes, serta data gaya belajar yang diperoleh dari angket. Data kuantitatif dalam\r\npenelitian ini dianalisis dengan Ancova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada\r\ntaraf nyata 5%. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dari nilai\r\npretes dan postes. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of\r\nError Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov\r\nSmirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pencatatan mind mapping\r\nberpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan nilai signifikansi\r\n0,002 (p< 0,05). Penguasaan konsep peserta didik yang mencatat dengan mind\r\nmapping ( lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mencatat biasa). Gaya belajar berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan\r\nangka signifikansi 0,003 (p< 0,05). Penguasaan konsep peserta didik dengan gaya\r\nbelajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya belajar\r\nkinestetik dan auditorial. Interaksi antara metode pencatatan mind mapping\r\ndengan gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep\r\npeserta didik dengan angka signifikansi 0,189 (p >0,05). Hasil penelitian ini juga\r\nmenunjukkan bahwa interaksi antara metode pencatatan mind mapping dengan\r\ngaya belajar berpengaruh signifikan terhadap keterampilan representasi peserta\r\ndidik dengan angka signifikansi 0,000 (p< 0,05).\r\n\r\nKata Kunci: Mind Mapping, penguasaan konsep, gaya belajar, keterampilan\r\n\r\nrepresentasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind\r\nmapping pada penguasaan konsep peserta didik, pengaruh gaya belajar peserta\r\ndidik terhadap penguasaan konsep peserta didik, interaksi antara penggunaan\r\nmetode mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep peserta didik, dan interaksi antara penggunaan metode mind mapping dan gaya belajar terhadap\r\nketerampilan representasi peserta didik.\r\n\r\nPopulasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di salah satu MTs\r\nNegeri di Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 317 peserta didik. Sampel\r\npenelitian adalah kelas VIII B, VIII A, dan VIII D yang dipilih dari populasi\r\ndengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi\r\nexperiment dengan rancangan penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control\r\nGroup Design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data penguasaan\r\n\r\niii\r\n\r\nkonsep dan keterampilan representasi peserta didik yang diperoleh dari pretes dan\r\npostes, serta data gaya belajar yang diperoleh dari angket. Data kuantitatif dalam\r\npenelitian ini dianalisis dengan Ancova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada\r\ntaraf nyata 5%. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dari nilai\r\npretes dan postes. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of\r\nError Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov\r\nSmirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pencatatan mind mapping\r\nberpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan nilai signifikansi\r\n0,002 (p< 0,05). Penguasaan konsep peserta didik yang mencatat dengan mind\r\nmapping ( lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mencatat biasa). Gaya belajar berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan\r\nangka signifikansi 0,003 (p< 0,05). Penguasaan konsep peserta didik dengan gaya\r\nbelajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya belajar\r\nkinestetik dan auditorial. Interaksi antara metode pencatatan mind mapping\r\ndengan gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep\r\npeserta didik dengan angka signifikansi 0,189 (p >0,05). Hasil penelitian ini juga\r\nmenunjukkan bahwa interaksi antara metode pencatatan mind mapping dengan\r\ngaya belajar berpengaruh signifikan terhadap keterampilan representasi peserta\r\ndidik dengan angka signifikansi 0,000 (p< 0,05).\r\n\r\nKata Kunci: Mind Mapping, penguasaan konsep, gaya belajar, keterampilan\r\n\r\nrepresentasi"^^ . "2019" . . . . . "FKIP "^^ . . . . . . . "1513024062"^^ . "DELIS AMALA"^^ . "1513024062 DELIS AMALA"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK(1).pdf"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP\r\nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN\r\nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI\r\nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #57490 \n\nPENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP \nPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN \nREPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI \nSISTEM PERNAPASAN KELAS VIII\n\n" . "text/html" . . . "570 Biologi" . .