TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57494 UR - http://digilib.unila.ac.id/57494/ A1 - DERRA MEIASRI PUTRI, 1313024021 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan pendidik IPA kelas VII dalam mengimplementasikan K13-revisi se-Kotamadya Bandar Lampung. Desain pada penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah seluruh pendidik IPA kelas VII yang menerapkan pembelajaran K13-revisi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu faktor penghambat pengimplementasian K13-revisi, yang diperoleh dari angket dan wawancara. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan K13-revisi di tahun ajaran 2016/2017 di Kotamadya Bandar Lampung terdapat tiga aspek yang menurut guru IPA ?sedikit mengalami hambatan?, yaitu : aspek (1) informasi mengenai kurikulum 2013 revisi; (2) teks pembelajaran; dan (3) proses pembelajaran dengan rentang persentase yaitu 25%-50%. Aspek yang menunjukkan hambatan pada proses dan pelaksanaan penilaian memiliki persentase sebesar 63% aspek tersebut masuk dalam kategori ?menghambat?. Kata kunci : hambatan, implementasi, K13-revisi, pendidik IPA. PB - FKIP TI - HAMBATAN PENDIDIK IPA KELAS VII DALAM MENG- IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013-REVISI SE- KOTAMADYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Di Kecamatan Panjang, Tanjung Karang Pusat, Teluk Betung Selatan, Teluk Betung Timur, dan Teluk Betung Utara) AV - restricted ER -