TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57499 UR - http://digilib.unila.ac.id/57499/ A1 - DWI FITRIYANI, 1413024028 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 56 peserta didik terbagi atas dua kelas, yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 4 yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil belajar yang setara. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan jenis desain Pretes-Postes Kelompok Kontrol. Data keterampilan kolaborasi diukur menggunakan lembar penilaian observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diukur dengan menggunakan intsrumen soal pretes-postes. Analisis data untuk keterampilan kolaborasi dilakukan dengan menghiung nilai rata-rata setiap indikator dan analisis data instrumen soal berpikir tingkat tinggi terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), perhitungan N-gain dan uji hipotesis (T-test). Berdasarkan hasil anaisis data diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning dapat iii meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi (C4, C5, dan C6) yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci : problem based learning, kolaborasi, berpikir tingkat tinggi (HOTS). PB - FKIP TI - PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK AV - restricted ER -