?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL%0D%0ABELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA%0D%0AKELAS+IVA+SD+NEGERI+1+PANJANG%0D%0ASELATAN+BANDAR+LAMPUNG%0D%0ATAHUN+PELAJARAN%0D%0A2012%2F2013&rft.creator=Raslin+Marbun%2C+ROSNITA+CECILIA+MARBUN&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.subject=QA+Mathematics&rft.description=Penelitian+ini+berlatar+belakang+dari+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+IVA+SD+Negeri+1+Panjang+Selatan+Bandar+Lampung+pada+pembelajaran+matematika.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+melalui+penerapan+model+cooperative+learning+tipe+think+pair+share+pada+kelas+IVA+sebanyak+47+siswa+yang+terdiri+dari+22+siswa+laki-laki+dan+25+siswa+perempuan.%0D%0AMetode+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas+yang+dilaksanakan+dalam+3+siklus.+Prosedur+penelitian+terdiri+dari+4+tahap%2C+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Penelitian+dilaksanakan+dalam+3+siklus%2C+setiap+siklus+terdiri+dari+3+pertemuan.+Teknik+analisis+data+dalam+bentuk+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.+Data+diperoleh+melalui+observasi+dan+tes+formatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+adanya+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+siswa+pada+siklus+I+adalah+52%2C91%25+dengan+kualifikasi+%E2%80%9Ccukup+aktif%E2%80%9D%2C+siklus+II+adalah+63%2C24%25+termasuk+kualifikasi+%E2%80%9Caktif%E2%80%9D%2C+dan+siklus+III+77%2C49%25+dengan+kualifikasi+%E2%80%9Caktif%E2%80%9D.+Sementara+rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+sebesar+60%2C53%2C+siklus+II+sebesar+69%2C52%2C+dan+siklus+III+79%2C25.+Peningkatan+hasil+belajar+siswa+dari+siklus+I-II%2C+siklus+II-III+dilakukan+uji+perbedaan+nilai+tes+formatif+dengan+analisis+uji+t-tes+didapatkan+thitung+(siklus+I-II)+mencapai+15%2C220+dan+thitung+(siklus+II-III)+mencapai+12%2C474+dengan+ttabel+sebesar+2%2C021+dengan+ketentuan+%CE%B1+%3D+0%2C05.+Berdasarkan+ketentuan+tersebut%2C+maka+thitung+(siklus+I-II)+%3D+15%2C220+%3E+ttabel%3D+2%2C021+dan+thitung+(siklus+II-III)+%3D+12%2C474+%3E+ttabel%3D+2%2C021.%0D%0AKata+kunci%3A+think+pair+share%2C+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+pembelajaran+matematika.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-01-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F1%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F2%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F3%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F4%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F5%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F6%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F7%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F8%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Raslin+Marbun%2C+ROSNITA+CECILIA+MARBUN++(2014)+PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+KELAS+IVA+SD+NEGERI+1+PANJANG+SELATAN+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F575%2F