%0 Generic %A Arif Abdulloh, 1413021010 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57507 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palas Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) %U http://digilib.unila.ac.id/57507/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palas semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi ke dalam 5 kelas yaitu kelas VIIA hingga VIIE, kemudian melalui teknik cluster random sampling terpilihlah kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian pada materi perbandingan. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran non-TPS. Dengan demikian, pembelajaran TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, think pair share, pemahaman konsep matematis