%A 1413024032 Elok Deswiana Hayati %T PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK %X Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Project Based Learning terhadap Self-efficacy dan Kemampuan berpikir kratif peserta didik. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIH kontrol. Data self-efficacy diperoleh melalui skala, data produk peserta didik diperoleh dari penilaian produk kreatif, dan data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari pretes dan posttest. Skala dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif dan produk dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi dengan kriteria ?Tinggi? dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki criteria ?Sedang? Hasil penilaian diri self-efficacy kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan indikator tertinggi yaitu sosial pada kelas eksperimen (77,02) dengan kriteria ?Tinggi? sedangkan pada kelas kontrol (72,05) dengan kriteria ?Sedang?. Jadi dapat disimpulkan bahwa Dengan demikian bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan self-efficacy dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Self-efficacy. %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1413024032 %I FKIP %L eprints57508