?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413024033&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING%0D%0A(PjBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+KOMUNIKASI+SAINS%0D%0ADAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK%0D%0ASMP+NEGERI+15+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=Era+Ariyani%2C+1413024033&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+Model+Project%0D%0ABased+Learning+(PjBL)+terhadap+kemampuan+komunikasi+sains+dan+berpikir%0D%0Akreatif+peserta+didik.+Populasi+dalam+penelitian+yaitu+seluruh+peserta+didik+kelas%0D%0AVII+SMP+Negeri+15+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2018%2F2019.+Sampel+penelitian%0D%0Ayaitu+peserta+didik+kelas+VIIK+dan+VIIL+yang+berjumlah+59+orang%2C+dipilih+melalui%0D%0Ateknik+purposive+sampling.+Desain+penelitian+menggunakan+pretest-postest%0D%0Acontrol+group+design.+Data+kemampuan+komunikasi+sains+diperoleh+menggunakan%0D%0Alembar+penilaian+observasi+dan+data+kemampuan+berpikir+kreatif+diperoleh+melalui%0D%0Anilai+pretest-posttest+dan+lembar+penilaian+produk+kreatif.%0D%0A%0D%0AData+hasil+penelitian+berupa+data+kualitatif%2C+menunjukkan+bahwa+kemampuan%0D%0Akomunikasi+sains+peserta+didik%2C+baik+secara+lisan+maupun+tertulis+pada+kelas%0D%0Aekperimen+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol.+Data+menunjukkan+bahwa+peserta+didik%0D%0Akelas+eksperimen+memiliki+kemampuan+komunikasi+lisan+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D%2C%0D%0Asedangkan+pada+kemampuan+komunikasi+tertulis+dengan+kriteria+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D.+Selain%0D%0A%0D%0Aiii%0D%0A%0D%0Aitu%2C+data+kualitatif+dari+hasil+analisis+menunjukkan+pula+bahwa+kemampuan%0D%0Aberpikir+kreatif+peserta+didik+melalui+produk+yang+dikerjakan+dikategorikan%0D%0A%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+kreatif.%0D%0A%0D%0AData+kuantitatif+berupa+rerata+nilai+pretest%2C+posttest%2C+dan+N-gain+kemampuan%0D%0Aberpikir+kreatif+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+Independent%0D%0ASample+t-Test+dan+uji+Mann-Whitney+dengan+taraf+kepercayaan+0%2C05+menunjukkan%0D%0Apengaruh+yang+signifikan.+Rerata+N-gain+pada+kelas+eksperimen+yaitu+sebesar+0%2C30%0D%0Asedangkan+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C10.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan%0D%0Abahwa+penerapan+model+PjBL+berpengaruh+terhadap+kemampuan+komunikasi%0D%0Asains+dan+berpikir+kreatif+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Berpikir+kreatif%2C+Komunikasi+sains%2C+Model+PjBL&rft.publisher=FKIP+&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57513%2F1%2FABSTRAK%25281%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57513%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57513%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Era+Ariyani%2C+1413024033++(2019)+PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING+(PjBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+KOMUNIKASI+SAINS+DAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK+SMP+NEGERI+15+BANDAR+LAMPUNG.++FKIP+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57513%2F