TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57518 UR - http://digilib.unila.ac.id/57518/ A1 - FATYNIA ILMIYATNI, 1413024034 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model PBL terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diperoleh dari hasil lembar observasi keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata skor iii kolaborasi kelompok eksperimen sebesar 78,56 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 72,67. Selain itu, keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dengan kelompok kontrol. Rata-rata N-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,39 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,23. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Berpikir tingkat tinggi, Kolaborasi, Problem Based Learning, PB - FKIP TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK AV - restricted ER -