TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57522 UR - http://digilib.unila.ac.id/57522/ A1 - FISKA FATRISIA KUSUMA, 1413024035 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan modeldiscovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.Penelitian ini menggunakannon-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar lampung dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIAsebagai kelas kontrol dan VIIFsebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest. Datadianalisis secara deskriptif sedangkan skorpretest dan posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui skor pretest dan posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,31 dan berkriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dan berkriteria rendah. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dam keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi PB - FKIP TI - PENGGUNAANMODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIRTINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK AV - restricted ER -