%0 Generic %A RUSMOKO PRIASMORO, 0715011112 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2013 %F eprints:5753 %I FAKULTAS TEKNIK %T MODEL BANGKITAN PERJALANAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/5753/ %X ABSTRAK Pertumbuhan kota akan berpengaruh terhadap pola perjalanan transportasi kota, seperti diketahui pertumbuhan kota sangat identik dengan perjalanan kota dan sosio ekonomi wilayah kota tersebut tidak terkecuali perubahan ini juga dialami Kota Bandar Lampung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor sosio ekonomi yang berpengaruh terhadap perjalanan di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah analisis regresi dengan basis data Matrik Asal Tujuan yang diperoleh dari penelitian sebelumnya (Tatralok, Bandar Lampung 2006). Data sosio ekonomi dikumpulkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dan instansi terkait lainnya di Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor – faktor sosio ekonomi yang berpengaruh terhadap perjalanan di kota Bandar Lampung adalah jumlah penduduk (X1) , jumlah sepeda motor (X4), jumlah kendaraan ringan (X5), jumlah kendaraan berat (X6). Model bangkitan yang diperoleh dari hasil analisa adalah Y = - 0,15022 X1 + 0,98639 X4 + 7,7999 X5 – 7,96549 X6 + 66099,2 (R2 = 0,6302), sedangkan untuk model tarikan yang diperoleh adalah Y = - 0,019 X1 + 7,11 X4 + 0,459 X5 – 49,002 X6 + 66969,06 (R2 = 0,4974). Kata kunci: Bangkitan Perjalanan, Sosio Ekonomi, Analisis Regresi ABSTRACT TRIP GENERATION MODEL IN BANDAR LAMPUNG CITY By RUSMOKO PRIASMORO City growth will affect the travel patterns of urban transportation. This growth is synonymous with growth and socio-economic area of the city. It also happens in Bandar Lampung city. The study is aimed at determining the factors the sosio-economic that affect road in Bandar Lampung. The method used is regression analysis with database of origin destination matrix gained from previous studies (Tatralok, Bandar Lampung, 2006). Socio-economic data were collected from Central Statistics Agency (BPS) and and other relevant agencies in the city of Bandar Lampung. The findings showed that the factors that affect the socio- economic trip in Bandar Lampung is the total population (X1), number of motorcycles (X4), total light vehicles (X5), total heavy vehicles (X6). Generation model derived from the analysis is Y = - 0,15022 X1 + 0,98639 X4 + 7,7999 X5 – 7,96549 X6 + 66099,2 (R2 = 0,6302), whereas the attraction model derived is Y = - 0,019 X1 + 7,11 X4 + 0,459 X5 – 49,002 X6 + 66969,06 (R2 = 0,4974). Key words: Trip Generation, Socio-Economic, Regression Analysis