TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57577 UR - http://digilib.unila.ac.id/57577/ A1 - HERFITA YANTI, 1413024040 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas VIII Pengambilan sampel secara teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai N-gain postest kemampuan berpikir kritis sebesar 0,697 termasuk kriteria sedang.Selanjutnya rata-rata aktivitas dikelas ekperimen pada pertemuan satu sebesar 69,23 termasuk kriteria sedang dan pertemuan kedua 76,21 termasuk kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas, discovey learning, kemampuan berpikir kritis, sistem gerak manusia. PB - FKIP TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -