?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1513024026&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+TIPE+JIGSAW+DALAM%0D%0AMENUMBUHKAN+KETERAMPILAN+KOMUNIKASI+DAN+HASIL%0D%0ABELAJAR+KOGNITIF+PADA+PESERTA+DIDIK+KELAS+X%0D%0A%0D%0ASMA+NEGERI+14+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=IHDINI+SABILLA+MU%E2%80%99MINATI%2C+1513024026&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+pembelajaran%0D%0Akooperatif+tipe+Jigsaw+dalam+menumbuhkan+keterampilan+komunikasi+lisan+dan%0D%0Atulisan+serta+meningkatkan+hasil+belajar+kognitif+peserta+didik+kelas+X+SMA%0D%0ANegeri+14+Bandar+Lampung.+Sampel+pada+penelitian+ini+yaitu+kelas+X+MIA+3%0D%0Aberjumlah+27+peserta+didik+yang+diambil+menggunakan+teknik+purposive%0D%0A%0D%0Asampling.+Desain+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+yaitu+One+Group+Pretest-%0D%0APostest+Desain.+Keterampilan+komunikasi+diperoleh+dari+self+assessmnet%2C+peer%0D%0A%0D%0Aassessment+serta+observasi+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+belajar+kognitif%0D%0Adiperoleh+dari+pretest+dan+postest+dianalisis+menggunakan+N-gain.+Hasil+analisis%0D%0Amenunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+tipe+Jigsaw+efektif+dalam%0D%0Amenumbuhkan+keterampilan+komunikasi+secara+lisan+dengan+kategori+tinggi%0D%0Aperolehan+rata-rata+sebesar+77%25.+Indikator+keterampilan+komunikasi+lisan%0D%0Atertinggi+pada+memberikan+contoh+dan+kontak+mata+dengan+rata-rata+sebesar%0D%0A79%25+dengan+kategori+tinggi+sedangkan+indikator+terendah+pada+menghubungkan%0D%0A%0D%0Aii%0D%0A%0D%0Agrafik+atau+gambar%2C+penggunaan+bahasa%2C+detail+informasi+dengan+rata-rata%0D%0Asebesar+75%25+dengan+kategori+cukup.+Keterampilan+komunikasi+secara+tulisan%0D%0Adengan+kategori+tinggi+perolehan+rata-rata+sebesar+78%25.+Indikator+keterampilan%0D%0Akomunikasi+tulisan+kategori+tertinggi+pada+penulisan+informasi+secara+akurat%0D%0Adengan+rata-rata+sebesar+80%25+lalu+indikator+terendah+pada+menghubungkan%0D%0Agrafik+dan+penggunaan+tanda+baca+dengan+rata-rata+sebesar+75%25+dengan+kategori%0D%0Acukup.+Model+pembelajaran+tipe+Jigsaw+juga+efektif+dalam+meningkatkan+hasil%0D%0Abelajar+kognitif+diperoleh+kategori+sedang+(N+gain+0%2C58).+Berdasarkan+hasil%0D%0Apenelitian+tersebut+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+kooperatif+tipe%0D%0AJigsaw+efektif+dalam+menumbuhkan+keterampilan+komunikasi+lisan+dan+tulisan%0D%0Aserta+meningkatkan+hasil+belajar+kognitif+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+hasil+belajar+kognitif%2C+keterampilan+komunikasi%2C+model%0D%0Apembelajaran+tipe+Jigsaw.&rft.publisher=FKIP+&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57580%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57580%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57580%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++IHDINI+SABILLA+MU%E2%80%99MINATI%2C+1513024026++(2019)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+TIPE+JIGSAW+DALAM+MENUMBUHKAN+KETERAMPILAN+KOMUNIKASI+DAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+PADA+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+SMA+NEGERI+14+BANDAR+LAMPUNG.++FKIP+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57580%2F