TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57580 UR - http://digilib.unila.ac.id/57580/ A1 - IHDINI SABILLA MU?MINATI, 1513024026 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 berjumlah 27 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Group Pretest- Postest Desain. Keterampilan komunikasi diperoleh dari self assessmnet, peer assessment serta observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil belajar kognitif diperoleh dari pretest dan postest dianalisis menggunakan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi secara lisan dengan kategori tinggi perolehan rata-rata sebesar 77%. Indikator keterampilan komunikasi lisan tertinggi pada memberikan contoh dan kontak mata dengan rata-rata sebesar 79% dengan kategori tinggi sedangkan indikator terendah pada menghubungkan ii grafik atau gambar, penggunaan bahasa, detail informasi dengan rata-rata sebesar 75% dengan kategori cukup. Keterampilan komunikasi secara tulisan dengan kategori tinggi perolehan rata-rata sebesar 78%. Indikator keterampilan komunikasi tulisan kategori tertinggi pada penulisan informasi secara akurat dengan rata-rata sebesar 80% lalu indikator terendah pada menghubungkan grafik dan penggunaan tanda baca dengan rata-rata sebesar 75% dengan kategori cukup. Model pembelajaran tipe Jigsaw juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif diperoleh kategori sedang (N gain 0,58). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci : hasil belajar kognitif, keterampilan komunikasi, model pembelajaran tipe Jigsaw. PB - FKIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -