%0 Generic %A Intan Putri Nur Indah Sari, 1413034028 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57582 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KENDALA GURU GEOGRAFI DALAMMEMBERIKAN MATERI MITIGASI BENCANA ALAM PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/57582/ %X This study aimed to investigate what are geographic teacher constraints in providing material of Natural Disaster Mitigation, considering this material is new in geography subject. In this research, the main thing emphasized was the teacher constraints in mastering the material, teacher constraints in applying method and also the instructional media. This study was descriptive qualitative research, the result of the study would be explained in detail and would investigate what are the constraints of geographic teacher in delivering the material. This study was conducted at SMA Negeri 1 Tumijajar with geographic teacher class of XI IPS as the main subject. Data collecting technique used in this research were interview and documentation. In this study, it investigated the constraintsthat the teacher would face and the reasons why did the teacher has the constraints in delivering Natural Disaster Mitigation material. The result of the study showed that the teacher still found difficulties in mastering the material because there was lack of others literature besides teacher and studenthandbook. The teacher also found difficulties in using instructional media because there was an assumption that the class would not be conducive, as well as in using media, the teacher was less mastering on how to use projector as a tool to display media visually. Keywords: Teacher Constraints, Natural Disaster Mitigation Material, Instructional Method, Instructional Media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala guru Geografi dalam memberikan materi Mitigasi Bencana Alam. Mengingat materi ini merupakan materi baru dalam mata pelajaran Geografi. Dalam penelitian hal yang ditekankan yaitu kendala guru dalam penguasaan materi, kendala guru dalam pengaplikasian metode dan juga media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, hasil dari peneltian akan dijelaskan dengan rinci dan akan ditemukan apa saja kendala yang dihadapi guru Geografi dalam memberikan materi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumijajar dengan subyek utama penelitian yaitu guru Geografi kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini akan diketahui kendala apa saja yang dihadapi guru dan alasan mengapa guru tersebut memiliki kendala dalam memberikan materi Mitigasi Bencana Alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih terkendala dalam penguasaan materi karena kurangnya literature lain selain buku pegangan guru dan siswa. Guru juga masih terkendala dalam menggunakan metode pembelajaran karena menganggap kelas akan jadi tidak kondusif, begitu juga dengan media guru kurang menguasai cara menggunakan proyektor sebagai alat untuk menampilkan media secara visual. Kata Kunci: Kendala Guru, Materi Mitigasi Bencana Alam, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran