@misc{eprints57583, title = {PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Natar T.P. 2018/2019)}, author = {1343021001 Cinta Octaviani Siahaan}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57583/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 300 siswa yang terdistribusi dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII A sebanyak 25 siswa dan VIII B sebanyak 30 siswa sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control grup design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kata kunci: discovery learning, pemahaman konsep matematis } }