TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57586 UR - http://digilib.unila.ac.id/57586/ A1 - INDAH KUSTYA WINAHYU, 1513024080 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP N 3 Metro pada pembelajaran IPA Biologi materi pokok ekosistem. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII E dan VII F berjumlah 63 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent pretest-posttest control group design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-test pada kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai signifikasi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran materi iii ekosistem menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memiliki persentase sebesar 80,72% dengan kriteria baik. Kata kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains PB - FKIP TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -