TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57587 UR - http://digilib.unila.ac.id/57587/ A1 - DESTIA ARIZA PUTRI, 1513021041 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest posttest control group design. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran creative problem solving dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving lebih tinggi daripada peningkatan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran creative problem solving tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, creative problem solving. PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -