TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57591 UR - http://digilib.unila.ac.id/57591/ A1 - DEVISA GITA AMBELA, 1443021002 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, sebanyak 248 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji-t? dengan taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model guided discovery learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran guided discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pengaruh, guided discovery learning, pemahaman konsep matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020) AV - restricted ER -