title: HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2019/2020 creator: Bagus Lianto Pratomo, 1313033016 subject: 370 Pendidikan subject: 900 Sejarah dan Geografi description: Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan baik terhadap materi pelajaran. Dengan adanya berpikir kritis, siswa dapat memecahkan permasalahan pada saat belajar di dalam kelas. Cara yang dapat dilakukan agar tujuan tersebut tercapai adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan siswa di kelas, yaitu menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian menggunakan desain penelitian Only Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen, yang diambil menggunakan undian dengan pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Eta dan Uji F. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta dapat ditarik kesimpulan bahwa “ada hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelas Kontrol dengan Kelas Eksperimen pada Tes 1, yaitu sebesar r = 0,638.Pada Tes 2 tidak terdapat pengaruh yaitu sebesar r = 0,313 dan pada Tes 3 Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelas Kontrol dengan Kelas Eksperimen yaitu sebesar r = 0,552. Kata Kunci: Hubungan, Model, Example non Example, Kemampuan Berfikir Kritis publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan date: 2019-12-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57601/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57601/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57601/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Bagus Lianto Pratomo, 1313033016 (2019) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2019/2020. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57601/