%A 1413024045 ISRA MIRANA PUTRI %T PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL %X Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIB dan VIID yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh melalui angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) diperoleh dari pretest dan posttest. Angket dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi kelas ekperimen lebih tinggi dengan keriteria ?berkembang sangat baik? dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki kriteria ?sudah berkembang?. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol iii dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,59 ? 0,163) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,52 ? 0,154). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan metakognisi tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, hasil belajar, keterampilan metakognisi %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1413024045 %I FKIP %L eprints57603