%0 Generic %A Chindra Mirhafi Akmal, 1413033009 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57604 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MINAT BELAJAR SEJARAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA Al-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 %U http://digilib.unila.ac.id/57604/ %X Minat belajar adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Dalam belajar konsentrasi berarti pemusatan pemikiran terhadap suatu mata pelajaran dengan mengenyampingkan semua hal lainya yang tidak berhubungan dengan mata pelajaran konsentrasi besar pengaruhnya terhadap belajar. Selanjutnya agar dapat berkonsentrasi dengan baik perlulah diusahakan pelajar hendaknya berminat. Slameto (2013: 86-87). Hal ini menjelaskan bahwa minat belajar mempengaruhi konsentrasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar sejarah terhadap konsentrasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap konsentrasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, siswa dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah tekinik analisis kuantitatif dengan mengguanakan Uji Statistik Analisis Regresi Sederhana diketahui nilai koefisien arah regresi yang menunjukan angka peningkatan b = 0,86 perunitnya dan thitung > ttabel = (4.863 > 2.042). Maka dapat simpulkan Ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar sejarah terhadap konsentrasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019 H0 ditolak (H1 diterima) Kata Kunci : Pengaruh, Minat Belajar, Konsentrasi Belajar