creators_name: Dedi Andrianto, 1413033012 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-02 22:50:46 lastmod: 2022-04-02 22:50:46 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: 370 subjects: 900 full_text_status: restricted abstract: Pendidik mempunyai peran penting untuk mencari strategi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model pembelajaran Problem Based Introduction, karena model ini menggunakan metode diskusi sehingga siswa dapat mudah memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introductiondilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive dan dipilih Kelas XI IPS 3 berjumlah 28 siswa, kemudian dibentuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Introduction. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis eksperimental design dan bentuk posstest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest. Data yang terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data menunjukan hasil perbandingan sebesar 4,35 dengan rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 79 dan kelas eksperimen sebesar 83,71. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan setelah membandingkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introduction dilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci : perbandingan, Group Investigation, Problem Based Introduction date: 2019-11-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Dedi Andrianto, 1413033012 (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/57607/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57607/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57607/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf