TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57617 UR - http://digilib.unila.ac.id/57617/ A1 - EKA SEPTIA BUDI ASIH, 1413021023 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 305 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized control group pretest posttest design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL lebih tinggi daripada median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, problem based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -