TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57622 UR - http://digilib.unila.ac.id/57622/ A1 - ERNIA RISDIANTI, 1513021056 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa soal uraian untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari uji- dan uji proporsi dengan taraf ? = 0,05, didapat bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model Non-PBL dan proporsi siswa yang mengikuti model problem based learning dengan KKM 70 lebih dari 60%. Dengan demikian, problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -