TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57624 UR - http://digilib.unila.ac.id/57624/ A1 - ISYULIANTO ANDIKA TUA SIBURIAN, 1513022453 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata melalui model pembelajaran Inquiry Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang berjumlah 56 dan dipilih dengan teknik Total Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar (aspek kognitif) peserta didik yang diperoleh dari pretest dan posttest serta validitas media awetan. Sementara, data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media awetan basah melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sampel t-Test dengan taraf kepercayaan 5%, sedangkan tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata berbeda signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,39. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata melalui model pembelajaran Inquiry Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Inquiry Learning, Media awetan basah PB - FKIP TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AWETAN BASAH PADA PHYLUM MOLUSKA DAN ECHINODERMATA MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 2 GEDONGTATAAN PESAWARAN AV - restricted ER -