@misc{eprints57627, title = {PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021064 ETIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57627/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes uraian pada materi Segiempat dan Segitiga. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, komunikasi matematis, discovery learning } }