?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1513024025&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE%0D%0AJIGSAW+DALAM+MENUMBUHKAN+KETERAMPILAN+KOMUNIKASI%0D%0ADAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+PESERTA+DIDIK%0D%0AKELAS+X+SMA+AL-KAUTSAR+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=KARTIKA+MEI+LINDA%2C+1513024025&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+pembelajaran%0D%0Akooperatif+tipe+Jigsaw+dalam+menumbuhkan+keterampilan+komunikasi+dan+hasil%0D%0Abelajar+kognitif+peserta+didik.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+one+group%0D%0Apretest-postest+design.+Populasi+dalam+penelitian+yaitu+seluruh+peserta+didik+kelas%0D%0AX+MIA+SMA+Al-Kautsar+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2018%2F2019.+Sampel%0D%0Apenelitian+ini+yaitu+peserta+didik+kelas+X+MIA+1+yang+dipilih+melalui+teknik%0D%0Apurposive+sampling.+Data+keterampilan+komunikasi+lisan+dilakukan+dengan+self%0D%0Aassessment%2C+peer+assesment+dan+observasi%2C+sedangkan+data+keterampilan%0D%0Akomunikasi+tertulis+dilakukan+dengan+self+assessment+dan+observasi+yang%0D%0Adianalisis+menggunakan+skala+Likert.+Kemudian%2C+data+hasil+belajar+kognitif%0D%0Adiperoleh+melalui+nilai+pretes+dan+postes%2C+kemudian+dianalisis+dengan+melakukan%0D%0Auji+N-gain+score.%0D%0A%0D%0AData+hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+peserta+didik+memiliki+keterampilan%0D%0Akomunikasi+lisan+dan+komunikasi+tertulis+dengan+kategori+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+yaitu+sebesar%0D%0A77%25.+Keterampilan+komunikasi+lisan+peserta+didik+yang+tertinggi+terdapat+pada%0D%0Aindikator+penyampaian+informasi+secara+detail+dengan+kategori+%E2%80%9Csangat+tinggi%E2%80%9D%0D%0Asebesar+86%25%2C+sedangkan+keterampilan+komunikasi+terendahnya+terdapat+pada%0D%0Aindikator+memberikan+pertanyaan+dengan+kategori+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+dengan+persentase%0D%0Asebesar+74%25.+Sedangkan+untuk+keterampilan+komunikasi+tertulis+peserta+didik%0D%0Ayang+tertinggi+terdapat+pada+indikator+penulisan+tanda+baca+secara+benar+dengan%0D%0Akategori+%E2%80%9Csangat+tinggi%E2%80%9D+sebesar+88%25%2C+sedangkan+keterampilan+komunikasi%0D%0Aterendahnya+terdapat+pada+indikator+menulis+informasi+secara+singkat+dan%0D%0Aindikator+menghubungkan+penjelasan+dengan+grafik%2Fgambar+dengan+kategori%0D%0A%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+sebesar+72%25.%0D%0A%0D%0AHasil+belajar+peserta+didik+menunjukan+adanya+perbedaan+nilai+antara+pemahaman%0D%0Aawal+(pretes)+dengan+pemahaman+setelah+pembelajaran+(postes).+Terbukti%0D%0Asebanyak+69%25+peserta+didik+memperoleh+N-gain+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+dengan+skor+0%2C73.%0D%0ADengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+kooperatif+tipe%0D%0AJigsaw+efektif+dalam+menumbuhkan+keterampilan+komunikasi+dan+hasil+belajar%0D%0Akognitif+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+Efektivitas%2C+Model+Pembelajaran+Kooperatif+Tipe+Jigsaw%2C%0D%0A%0D%0AKeterampilan+Komunikasi%2C+Hasil+Belajar+Kognitif.%0D%0A%0D%0Aiii&rft.publisher=FKIP+&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57629%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57629%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57629%2F4%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++KARTIKA+MEI+LINDA%2C+1513024025++(2019)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+DALAM+MENUMBUHKAN+KETERAMPILAN+KOMUNIKASI+DAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+SMA+AL-KAUTSAR+BANDAR+LAMPUNG.++FKIP+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57629%2F